Cara Mengatasi WA ( Whatsapp ) Tidak Bisa Kirim Foto Atau Video

0
99

Unbrick all Xiaomi via Teamviewer.

Unlock Bootloader Xiaomi no need to wait.

Unbrick Meizu, Flash Gobal Firmware via Teamview.

Facebook Here: https://www.facebook.com/hgiyu

Gmail: ngovancanbn@gmail.com

Jumpa Lagi Bersama Kami Di Gudangfirmwere.com, Pada Kesempatan Kali Ini Kami Akan Share Tentang Cara Atasi WA Tidak Bisa Kirim Foto Ataupun Video.

Cara Mengatasi WA ( Whatsapp ) Tidak Bisa Kirim Foto Atau Video

Mengatasi Gagal Kirim Video Dan Foto Di WA – Untuk Aplikasi Perpesanan Dan Panggilan Online Seperti Whatsapp Tentunya Kita Sudah Tidak Asing Lagi, Bahkan Saking Populernya Sampai Saat Ini Belum Ada Yang Menyaingi Jumlah Pengguna WA Di Seluruh Dunia. Hal Tersebut Tidak Lepas Dari Pamor Google Sebagai Pemiliknya Sekaligus Membuktikan Bahwa Whatsapp Mudah Digunakan, Ringan Dijalankan Dan Tidak Terlalu Membebani Kinerja Sistem Android.

Tidak Hanya Cepat Dalam Berkirim Pesan Teks, Server Whatsapp Juga Sangat Cepat Untuk Respon Berkirim Video Dan Juga File Gambar. Namun Adakalanya Permasalah Sering Terjadi Di Beberpaa Pengguna WA, Dimana Problem Gagal Mengirim File Gambar Maupun File Video, Bahkan Berulang Kali Dicoba Selalu Gagal Mengirim File Multimedia Tersebut.

Cara Ke-1 Mengatasi Gagal Kirim Video & Foto Di WA

Nah, Untuk Mengetahui Apa Saja Penyebab Dan Cara Mengatasi Masalah Gagalnya Berkirim Pesan Gambar (Foto) Maupun File Video Di Aplikasi Whatsapp, Silahkan Langsung Saja Simak Ulasan Dan Trik WA Di Bawah Ini.

Izin Aplikasi
Penyebab Yang Sering Terjadi Ketika Kita Gagal Mengirim File Berformat Gambar Maupun Video Di Aplikasi Whatsapp Yakni Belum Adanya Izin Aplikasi WA Untuk Mengakses File Di Dalam Ruang Penyimpanan.

Walaupun Pada Setelan Defaultnya, Ketika Baru Pertama Kali Menginstall Whatsapp Opsi Untuk Izin Aplikasi Mengakses Data Di Ruang Penyimpanan Sudah Aktif Secara Otomatis, Namun Bsa Saja Opsi Tersebut Menjadi Disable (Nonaktif) Karena Suatu Sebab Tertentu.

Untuk Memastikannya, Silahkan Simak Cara Mengaktifkan Izin Aplikasi WA Untuk Akses Ruang Penyimpanan Berikut Ini:

  1. Buka Pengaturan Atau Menu Setelan Di HP Android
  2. Kemudian Masuk Ke Opsi ‘Aplikasi’ Atau Bisa Juga Menunya Bernama ‘Manajer Aplikasi’
    Mengatasi WA Tidak Bisa Kirim Foto
  3. Setelah Masuk Ke Opsi Aplikasi, Selanjutnya Cari Nama Aplikasi ”Whatsapp’ Dan Masuk Ke Dalamnya
  4. Selanjutnya Masuk Ke Opsi Izin Aplikasi, Disana Akan Terlihat Beberapa Nama Izin Akses Terhadap Perangkat Seperti Kamera, Kontak, Mikrofone, Lokasi, Penyimpanan, SMS Maupun Telepon. Nah, Aktifkan (Geser Slider) ‘Penyimpanan’ Supaya Whatsapp Bisa Mengakses File Foto Maupun Video Dari Ruang Penyimpanan Ponsel.
  5. Setelah Izin Aplikasi Untuk Akses Ruang Penyimpanan Aktif, Silahkan Tutup Setelan Telepon Dan Ulangi Berkirim Pesan Foto Maupun Video Di WA.

Koneksi Data Tidak Stabil
Penyebab Kedua Yang Sering Terjadi Ketika Kita Selalu Gagal Mengirim File Video Dan Foto Di Whatsapp Yaitu Masalah Koneksi Jaringan Data Internet Di Ponsel Yang Tidak Stabil.

Jadi Untuk Mengatasi Masalah Ini, Coba Cek Terlebih Dahulu Tangkapan Sinyal Di HP Anda, Kemudian Cobalah Untuk Membuka Browser Dan Berselancar, Apabila Membuka Situs Tertentu Sudah Lancar Berarti Bisa Dipastikan Koneksi Internet Tidak Mengalami Masalah.

Perlu Diketahui, Bahwasanya Ketika Kita Menekan Tombol Kirim Ketika Melakukan Chatting Di Whatsapp Lalu Koneksi Data Tiba-Tibe Melemah Bisa Berakibat Gagalnya Berkirim Foto Atau Video Dan Mengharuskan Kita Untuk Menekan Ulang Berkirim File Tersebut.

File Video Terlalu Besar
Untuk Kasus Yang Satu Ini Umumnya Terjadi Pada Saat Kita Berkirim Video Via Whatsapp, Dimana Besar Ukuran File Video Yang Melebihi Batasan Yang Ditentukan Pihak Whatsapp Akan Tertolak.

Meskipun Demikian Pastinya Pengguna Aplikasi WA Sudah Mengetahui Kalau File Video Yang Akan Dikirim Terlalu Besar Dikarenakan Adanya Peringatan Di Layar Tentang Kegagalan Berkirim File Karena Ukuran Melebihi Kapasitas Yang Ditentukan.

Ruang Penyimpanan Penuh
Penyebab Lain Ketika Kita Selalu Gagal Berkirim Pesan Video Dna Gambar Yakni Karena Ruag Penyimpanan Terlalu Minim.

Dalam Kinerjanya, Ketika Kita Mengirim File Berformat Video Maupun Gambar, Nantinya File Tersebut Akan Terduplikasi Ke Dalam Folder Whatsapp Yang Ada Di Penyimpanan Internal Ponsel.

Jadi Coba Cek Terlebih Dahulu Berapa Sisa Ruang Penyimpanan Di Memori Internal Ponsel Dan Bila Sudah Minim Sekali Silahkan Pindah Beberapa File Ke Penyimpanan Eksternal.

Aplikasi Bermasalah
Ketika Semua Opsi Diatas Sudah Tidak Dapat Mengatasi Problem Whatsapp Yang Gagal Kirim File Foto Dan Video, Coba Lakukan Pembersihan Data Cache Whatsapp.

Bila Perlu Lakukan Pencopotan (Uninstall Whatsapp), Kemudian Reboot Atau Restart Ponsel Dan Setelah Menyala Silahkan Unduh Kembali Aplikasi Whatsapp Dari Google Play Store.

Cara Ke-2 Mengatasi Gagal Kirim Video & Foto Di WA

Langkah Awal Yang Kami Lakukan Adalah Merestart Android, Melakukan Clear Cache Dan Force Close, Dan Setting Host Menggunakan Root Explorer (Mounted Rw-R-R), Kamingnya Masih Belum Membuahkan Hasil. Kami Kemudian Teringat Artikel Yang Kami Tulis Mengenai

Whatsapp Kadaluarsa. 
Kemudian Kami Tanpa Banyak Fikir Panjang Lagi, Lalu Kami Mengatur Settingan APN Type Yang Terisi “Default,Supl” Dan Mematikan Opsi “Tanggal Dan Waktu Otomatis”.

Berikut Ini Cara Selengkapnya :

  1. Langkah Pertama, Buka Pengaturan Di Ponsel Android 
  2. Setelah Itu Cari Dan Buka  Tanggal Waktu
  3. Kemudian Matikan Opsi Waktu Otomatis Dan Tanggal Waktu Otomatis  Dengan Menghilangkan Centang Pada Keduanya
  4. Kemudian Kembali Ke Pengaturan Android 
  5. Selanjutnya Pilih Menu Jaringan Seluler
  6. Pilih Apn (Access Point Names) Dan Ternyata Sudah Ada Apn Baru Dan Sudah Aktif.
  7. Cara Mengatasi WA Tidak Bisa Kirim Foto Atau Video

Lalu Kami Membuka Aplikasi Whatsapp Menggunakan Kuta Data Dan Mencoba Mengirim Gambar, Dan Berhasil Terkirim. Kemudian Kami Buka Google Playstore Dan Sudah Tidak Ada Pesan No Connection 

Demikian Adalah Cara Atasi Tidak Bisa Kirim File Video Atau Gambar Di Aplikasi WA, Semoga Bermanfaat, Jika Ada Pertanyaan Silahkan Diskusikan Bersama Di Kolom Komentar.

Thanks for reading & sharing Gudang Firmware